Jumat, 12 Desember 2008

Pesta Danau Toba Diundur, Demi Kehadiran Presiden SBY

PESTA Danau Toba yang sedianya digelar 13-16 Juni terpaksa diundur sampai satu bulan, menjadi 14-16 Juli, demi kehadiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pihak penyelenggara meyakini, kehadiran presiden merupakan kunci sukses pesta yang vakum selama 11 tahun itu.

Menurut Ketua Pelaksana Pesta Danau Toba Sujono Manurung, pengunduran ini demi menghormati kesediaan Presiden membuka event tersebut. Presiden juga dijadwalkan melakukan kunjungan kerja di Sumatera Utara.

“Tanggal 14 Juli pagi, Presiden akan menghadiri acara panen raya di Simalungun. Sore harinya Presiden membuka Pesta Danau Toba dan menginap semalam di Parapat, kemudian esoknya berangkat ke Mandailing Natal,” ujar Sujono di Medan, Selasa (3/6).

Sujono mengungkapkan, panitia tak terlalu khawatir meski Pesta Danau Toba bakal berlangsung sesuai musim liburan sekolah. Menurut dia, Pesta Danau Toba tidak dimaksudkan untuk secara insatan menghidupkan industri pariwisata di Danau Toba dan sekitarnya.

“Kegiatan ini tidak akan menjawab persoalan mengapa sekarang orang tidak lagi datang ke Danau Toba. Tetapi paling tidak, dengan kegiatan ini, kami berharap Danau Toba kembali lagi ada gaungnya,” katanya merendah.

Kepala Badan Pariwisata Daerah Sumut Henry Hutabarat mengakui, ada keinginan besar menghadirkan Presiden saat pembukaan Pesta Danau Toba. Selain gaungnya jadi lebih besar, praktisi pariwisata di Sumut juga bisa langsung mengemukakan kepada presiden persoalan pariwisata di daerah itu.

“Kami bisa keluarkan semua unek-unek pengembangan pariwisata di Sumut, seperti pengembangan infrastruktur menuju Danau Toba, hingga tak adanya lagi penerbangan langsung dari Eropa ke Medan,” katanya

Lomba Balap sepeda Tour de Toba

MESKI opening ceremony diundur, lomba sepeda internasional Tour de Toba tetap digelar sesuai jadwal semula, 13-16 Juni. Lomba akan diikuti pembalap dari luar negeri yakni Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam dan Australia.

Start dilakukan di Medan, selanjutnya akan menempuh empat etape. Etape pertama Medan-Berastagi, etape kedua Berastagi-Pematang Siantar, etape ketiga Pematang Siantar-Parapat dan etape terakhir mengelilingi Pulau Samosir.

Balap sepeda Tour de Toba digagas panitia untuk merefleksikan keindahan panorama Danau Toba.

Tidak ada komentar: